Kamis, 25 Oktober 2012

BUSSINES PLAN

BAB I
LATAR BELAKANG

Nama Perusahaan        Lasya
Bidang Usaha             :  Produk Barang
Jenis Produk                :  Kreasi jilbab
Alamat Perusahaan     Jl. Prof Dr Bunyamin No. 56      Purwokerto
No telepon/hp             : (0281)777889/081555666777

1.1       IDENTIFIKASI PELUANG BISNIS
Sekarang ini trend berhijab sedang booming dikalangan remaja putri, khususnya di daerah Purwokerto dan sekitarnya. Disamping itu juga banyak remaja putri yang kerap kali mengalami kesulitan dalam memilih motif jilbab yang sesuai dengan yang trend terkini. Oleh karena itu kami bermaksud menyediakan pilihan motif jilbab yang beraneka ragam dan hanya ada dalam jumlah yang terbatas sehingga konsumen pun akan merasa lebih percaya diri karena modelnya limited edition. Dalam usaha ini kami juga akan menyediakan berbagai macam aksesoris jilbab agar konsumen semakin di manjakan dengan berbagai pilihan motif maupun aksesoris penunjang penampilan dalam berjilbab, sehingga dengan berjilbab pun akan tetap terlihat modis dan cantik.
I.2        PENJELASAN PRODUK
Produk kami dibuat  dengan menggunakan jilbab (paris) polos yang nantinya akan dikreasikan dengan  berbagai pernak-pernik dan sulaman agar terlihat menarik dan memiliki nilai jual yang bagus. Pernak-pernik disini kami menggunakan berbagai bahan seperti perca, flanel, sulaman dan lain sebagainya.
I.3        LATAR BELAKANG BISNIS
Alasan kami menawarkan produk ini adalah saat ini berkerudung menjadi trend tersendiri di kalangan para remaja. Namun demikian, berjilbab cenderung melahirkan kesan ribet dan kurang fashionable. Adapun perempuan yang telah berjilbab tetapi kadang bingung memadupadankan baju dan kerudung sehingga merasa bosan dengan penampilannya. Di sini kami membantu para remaja untuk lebih bisa mengekspolasi kreativitas dalam berjilbab sehingga terkesan tidak monoton dan lebih menarik. Meningkatkan percaya diri bagi para pengguna jilbab khususnya remaja yang notabennya tidak suka sesuatu yang ribet namun tetep terlihat modis.

I.4        TUJUAN
Tujuan dari Usaha ini yaitu :
a.       Dapat memperoleh keuntungan dari penjualan produk ini.
b.      Dapat membantu kaumhawa khususnya remaja putri agar tidak kesulitan memilih berbagai motif jilbab yang berkualitas.
c.       Tetap terlihat modis dan percaya diri walaupun berjilbab.

I.5        POTENSI BISNIS
Potensi bisnis ini sangat menjanjikan karena sekarang ini banyak para remaja yang tadinya tidak berjilbab beralih untuk menggunakan jilbab. Sehingga bisnis ini sangat potensial untuk memperoleh keuntungan. Selain itu produk ini juga dapat menjadi pilihan alternatif dari trend berjilbab yang sudah ada sebelumnya karena produk kami menawarkan berbagai macam motif dan variasi aksesoris yang dapat di pakai. Sehingga para remaja pun akhirnya akan tertarik untuk membeli produk ini.
BAB  II
KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN PRODUK

2.1       KEUNGGULAN
·         Produk kami mempunyai ciri khas tersendiri dengan motif-motif yang bervariasi.
·         Harga yang kompetitif
·         Style modern dan menarik
·         Disertai aksesoris yang unik
·         Memanfaatkan bahan yang sudah tidak bernilai ekonomis, menjadi barang yang lebih memiliki nilai jual.
2.2       KELEMAHAAN
·         Dikarenakan produk kami dibuat dengan tangan sehingga jumlah dari kuantitas barang dengan motif yang sama terbatas.
·         Belum banyak orang yang mempunyai keterampilan dalam seni pembuatan motif ini sehingga tenaga yang digunakan juga terbatas.
BAB III
PERENCANAAN BISNIS

3.1       SASARAN DAN TARGET PASAR
Sasaran kami dalam memasarkan produk kami adalah para remaja putri khususnya kalangan mahasiswi. Kami juga akan melakukan promosi dalam awal pembukaan toko ini sehingga dapat menarik minat pembeli dengan cara memberikan konsultasi mengenai tatacara menggunakan jilbab agar tetap terlihat modis dan cantik.
3.2       PEMBIAYAAN
Ø  Biaya Peralatan per Tahun
Kami tidak banyak menggunakan alat tahunan karena proses pembuatan produk kami menggunakan tenaga manusia. Di bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:
No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Jarum Sulam
15 pak
Rp.   5000
Rp. 75.000
2
Jarum Jahit
16 pak
Rp.    2500
Rp. 40.000
3
Alat Sulam
8 buah
Rp. 10.000
Rp. 80.000
4
Gunting
13 buah
Rp. 15.000
Rp. 195.000
TOTAL
Rp. 390.000

Ø  Biaya Bahan Baku per Bulan       
No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Jilbab paris
150 lbr
Rp. 10.000
Rp. 1.500.000
2
Ciput
150 lbr
Rp. 8.000
Rp. 1.200.000
3
Benang Sulam
5 pak
Rp. 15.000
Rp. 75.000
4
Kain Perca
1 karung
Rp. 25.000
Rp. 25.000
5
Kain Flanel
10 m
Rp. 30.000
Rp. 300.000
6
Plastik Kemasan
2 pak
Rp. 5000
Rp. 10.000
7
Listrik dan Internet
Rp. 50.000
Rp. 50.000
TOTAL
Rp. 3.160.000

Ø  Biaya total
Biaya total       Biaya peralatan + Biaya bahan baku
                                     = Rp.  337.000,00 + Rp. 3.160.000,00
                                    = Rp. 3.497.000,00       
Ø  Biaya dan Harga Per Unit
Biaya tetap yang dibutuhkan untuk 1 bulan
                              Rp. 390.000 /12 bulan             = Rp. 32.500
Total biaya produksi yang dikeluarkan per bulan  
Rp 32.500 + Rp 3.160.000     = Rp 3.192.500
Biaya per Unit  =
Total Biaya Produksi 1 bln
Jumlah Produk yg dihasilkan per Bulan
  
Biaya per Unit   =
Rp 3.192.500

150
  = Rp. 21.283,3333
Harga jual per unit  Rp 35.000
Ø  Modal Awal
Modal awal= Total Biaya Peralatan + Biaya Bahan Baku 1 Bulan
                                     = Rp  390.000 + Rp 3.192.500
 = Rp 3.582.500
Ø  Analisis Titik Impas (Break Even Point)
BEP harga = Total biaya produksi selama 1 bulan : Produksi
                                    = 3.192.500 : 150 buah = 21.283,333
Harga jual per unit Rp 35.000
BEP produksi        = Total biaya produksi 1 bulan : Harga per unit
                                                = Rp 3.192.500 : 35.000 = 92 buah
Jadi, untuk mencapai titik impas maka dalam 1 set kreasi hijab yang harus terjual adalah 92  dengan harga per produk adalah Rp 35.000
Ø  Analisis Keuntungan
Pendapatan =
Kreasi Hijab yang terjual * harga jual       150 * Rp 35.000
                                                                                    Rp. 5.250.000
Total pendapatan dalam 1 bulan          = Rp. 5.250.000
                  Keuntungan          =Pendapatan –Total biaya produksi
                                                = Rp 5.250.000  – Rp 3.192.500
                  Keuntungan          = Rp 2.057.500
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 150 Hijab lukis dengan harga
Rp 35.000 per buah dalam 1 bulan adalah Rp 2.057.500


Ø  Pengembalian Modal     
Total Pendapatan : Laba usaha           = Rp 5.250.000 : Rp 2.057.5 
2,55 bulan (75 hari)     
Catatan            =  Dalam 1 bulan diproduksi  150 buah Kreasi hijab.
Kreasi Hijab yang harus dijual per hari = 150 : 30 hari
                                    = 5 set kreasi hijab
Maka, Pay Back Period          = BEP Produksi : Penjualan per hari
                                                            = 92/55
19 hari
Jadi modal akan kembali dalam jangka waktu 19 hari dengan penjualan 5 set kreasi hijab tiap harinya.
 BAB IV
STUDY KELAYAKAN

4.1       Lokasi
Pembuatan hijab lukis ini dilakukan di Purwokerto tepatnya di Jl. Prof Dr Bunyamin No. 56 Purwokerto. Di sini kami menyewa sebuah kios yang digunakan untuk memodifikasi jilbab dan juga sebagai tempat penjualannya . Lokasi ini cukup strategis karena berdekatan dengan universitas Jendral Soedirman dan juga lokasinya berdekatan dengan berbagai Universitas yang ada di Purwokerto sehingga dapat dijangkau dengan mudah. Selain itu, pembeli bisa datang langsung menyaksikan proses produksi maupun konsultasi langsung dengan kami tentang cara memakai jilbab yang menarik. Pembeli juga bisa datang langsung untuk memilih dan menentukan sendiri motif yang diinginkan. Di sini kami juga menyediakan berbagai aksesoris yang diperlukan dalam berjilbab.
4.2       Sarana dan Prasarana
Selain tempat produksi yang nyaman dan strategis kami nantinya juga akan melakukan promosi dengan memanfaatkan berbagai media baik media elektronik maupun media cetak seperti brosur, leaflet, pamflet, majalah dan online shop, blog, facebook, twitter dan lain sebagainya
4.3       Sumber Daya Manusia
Untuk usaha awal, kami membutuhkan 1 orang direktur, 1 orang manajer, 3 orang produksi barang, 2 orang konsultan hijab dan 3 orang bagian pemasaran. Untuk 3 orang bagian produksi barang, kami akan mengadakan seleksi agar dapat mendapatkan seseorang yang benar- benar berkeahlian dalam bidang melukis jilbab dan juga memodifikasi motif- motif jilbab. Hal itu bertujuan agar nantinya produk yang kami produksi itu benar-benar menjadi barang yang berkualitas dan bukan barang yang hanya asal motif saja tetapi juga mengandung nilai seni yang tinggi tentunya yang dapat menarik konsumen agar membeli produk kami ini nantinya.
                                                  BAB V
REAL BUSINESS PLAN

5.1       Rencana Manajemen
1.      Strategi pemasaran
Telah banyak jenis jilbab yang bisa dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan, seperti pasar, departement store dan mall. Namun dari sekian banyak tempat perbelanjaan seperti itu membuat lebih banyak pilihan dan kurang real karena tidak bisa mencoba dan memadupadankan dengan busana yang sesuai. Oleh sebab itu, masyarakat harus tau tentang keberadaan produk kami. Untuk itu, kami telah menyusun strategi pemasaran. Tahapan-tahapannya sebagai berikut:
a)      Pengembangan produk
Hijab lukis memang telah banyak dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan. Namun kami memberikan motif yang berbeda dan tampak lebih elegan serta lebih manis dengan bahan-bahan sulam. Selain itu kami juga menyediakan jasa konsultasi tata cara memakai jilbab sehingga terlihat lebih menarik, anggun dan sesuai dengan busana yang dikenakan. Kami juga menyediakan berbagai macam dalaman jilbab yang sesuai dengan bentuk kepala dan berserta aksesorisnya.
b)      Kegiatan promosi
      kami akan melakukan promosi menggunakan berbagai media baik cetak maupun elektronik dan juga dari mulut ke mulut agar semua orang akan tau mengenai produk kami ini nantinya.
c)      Penjualan kolektif
Yaitu memberikan pilihan kepada konsumen dengan menjual lebih dari satu produk dengan harga yang lebih miring bila dikalkulasi per produknya. Pembelian dengan harga yang miring ini minimal untuk 6 atau setengah lusin produk jilbab lukis kami.
2.      Strategi produksi
Kami memproduksi jilbab sesuai dengan kriteria yang kami tetapkan. Tetapi kami juga memberikan pilihan kepada konsumen untuk memilih sendiri motif dan bahannya. Kami juga tidak mencontoh motif yang sudah ada. Tetapi berusaha menciptakan suatu pembaharuan di dunia perjilbapan. Proses produksi kami tidak dilakukan sewaktu-waktu saja. Namun berjalan terus menerus selama ada waktu senggang. Hal ini bukan berarti kami mengesampingkan kewajiban yang lain misalnya sebagai seorang mahasiswa yang memiliki kewajiban utama untuk belajar dan bekerja terlalu lama sampai lelah. Tetapi, dengan produksi yang terus menerus, kami mendapatkan hasil produksi yang banyak serta pilihan yang bervariasi bagi konsumen.

3.      Strategi organisasi dan SDM
Pengelolaan SDM merupakan hal yang karus dilakukan suatu perusahaan sehingga produktivitas dapat semakin berkembang dan kualitas karyawan pun semakin baik. Tahap-tahap pengembangan SDM tersebut antara lain:
1)      Seleksi karyawan
Kami melakukan seleksi terhadap karyawan sesuai dengan bidangnya. Contohnya di bidang produksi jilbab, kami memilih karyawan yang memiliki keterampilan dalam menjahit dan menyulam. Untuk bagian konsultan, kami memilih orang yang mengerti fashion dan memiliki pemikiran yang sesuai dengan yang kami inginkan. Di bagian pemasaran kami memilih orang yang dapat berkomunikasi dengan baik di masyarakat. Dapat menyampaikan maksud dan tujuan kami dengan baik pada kelompok masyarakat sehingga tidak terjadi kesalah pahaman tentang makna jilbab itu sendiri.
2)      Pelatihan karyawan
Karyawan yang telah diseleksi kemudian dilatih dan diberi motivasi tentang apa tujuan kami membuat hijab lukis ini. Sehingga mereka memiliki kesamaan persepsi dan pemikiran. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kualitas dan ciri khas yang membedakan produk kami dengan yang lain.
3)      Sistem Remunerasi yang Seimbang dan Adil
Pembagian keuntungan dilakukan berdasarkan hasil kesepakatan pada saat seleksi. Namun, tidak menutup kemungkinan kami akan memberikan bonus pada karyawan yang memiliki produktivitas yang tinggi dan sungguh-sungguh dalam bekerja.
4.      Strategi penetapan harga
Harga merupakan suatu variable yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis. Harga menunjukkan level dari suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana produk itu seharusnya bila dilihat dari harganya. Harga yang kami tawarkan di sini, kami sesuaikan dengan sasaran kami yaitu para wanita yang cenderung menyukai barang yang berkualitas. Kami hanya akan mengutamakan kualitas barang. Bukan melulu mengambil keuntungan, karena kami mempunyai tujuan yaitu membantu para wanita muslim mematuhi kewajibannya untuk menutup aurat namun tetap modis dan cantik.
Kami akan memberikan harga yang berbeda kepada konsumen yang langsung membeli dan kepada konsumen yang memesan motif.
5.      Analisis resiko usaha dan antisipasinya
Setiap perbuatan tentu melahirkan resiko. Demikian pula produk kami akan mendatangkan berbagai resiko sebagai berikut
1        Produk kurang menarik minat konsumen.
Manusia memiliki selera yang berbeda satu sama lain. Demikian pula dalam hal berpakaian dan berjilbab. Banyak wanita, khususnya wanita berjilbab yang kurang memperhatiakan penampilan mereka dikarenakan kesibukan dan kurangnya rasa percaya diri.
2        Jilbab yang kadaluarsa
Adakalanya barang tidak mudah terjual dan memenuhi stand, toko atau bahkan gudang. Sehingga menimbulkan kesan monoton dan menurunkan kualitas produk.
3        Modal usaha
Hijab lukis ini memang tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Tetapi juga tidak bisa dibilang memerlukan modal yang relatif kecil. Sebagai usaha membangun suatu kualitas, modal awal demi terwujudnya suatu produksi yang maksimal sangat dapat mendukung keberlangsungan usaha.
Antisipasi kami terhadap resiko-tersebut:
a.       Produk kurang menarik minat konsumen
Setiap orang pasti memiliki persepsi terhadap apa yang mereka lihat. Cara kami mengantisipasi kurangnya minat konsumen ini adalah dengan melakukan promosi secara mendalam dan menyeluruh. Jadi bukan hanya kami bertujuan untuk mendapatkan keuntunga. Tetapi kami juga bertujuan untuk membantu para wanita memperindah penampilan mereka. Sehingga mereka dapat tertarik untuk memperhatikan dan mencoba produk kami.
b.      Jilbab yang kadaluarsa
Kami melakukan antisipasi dengan membuat peta produksi. Dimana telah ditentukan barang mana yang harus diedarkan dan haru telah ditarik kembali dari peredaran pada waktu yang telah ditentukan. Sehingga tidak ada penumpukan barang yang membuat konsumen selalu melihat barang sama. Barang yang telah ditarik tersebut akan kembali dirombak dan dijadikan produk baru yang kemudian diedarkan kembali.
c.       Modal usaha
Modal usaha adalah hal terpenting dalam melakukan suatu biesnis. Untuk memenuhi modal usaha kami memilih untuk menggunakan modal patungan dengan rekan-rekan pendiri dan mungkin nantinya bila memang di perlukan kami akan mengajukan pinjaman kepada bank.
5.2       Proses Produksi
Proses produksi kami lakukan secara terus menerus setiap hari tanpa menunggu adanya pesanan. Hal ini dimaksudkan untuk menambah koleksi model jilbab kami. Tetapi tentu saja dengan memperhitungkan modal yang tersedia dan waktu yang tepat. Sehingga tidak melalaikan kewajiban lain sebagai mahasiswa. Dan tentu saja kami senantiasa menjaga kualitas dengan memilih bahan baku terbaik dan melukisnya dengan teknik yang baik pula sehingga menghasilkan suatu jilbab yang memiliki daya jual tinggi. Bahan baku yang kami gunakan, memang kami dapatkan dari perusahaan lain. Tetapi, kami akan senantiasa memilih bahan baku yang berkualitas seperti misalnya kain jilbab paris yang lebih tebal dan lemes. Kain perca yang kami gunakan juga bukan kain perca sembarangan. Kain-kain tersbut kami padukan melalui berbagai macam motif yang menarik dan sesuai dengan perkembangan jaman.
v  What
           Barang yang kami produksi adalah jilbab lukis berbahan dasar jilbab paris dan iket yang dilukis dengan menggunakan kain perca dan benang sulam dan lain sebagainya Kami menciptakan terobosan baru dalam dunia perjilbapan dengan menghadirkan jilbab lukis yaitu suatu macam jilbab yang mempercantik penampilan dan memberikan berbagai macam pilihan mengenakan jilbab sehingga jilbab tidak terkesan monoton. Produk kami merupakan suatu produk hand made sehingga memerlukan waktu yang relatif lama dalam pembuatannya namun senantiasa terjaga kualitasnya.
v  Who
Dalam usaha ini yang memproduksi, promosi dan memasarkan produk ini telah di atur dalam penugasan masing-masing
v  Whom
Sasaran kami adalah para remaja khususnya mahasiswi namun juga tidak menutup kemungkinan produk kami juga nantinya akan digemari juga oleh masyarakat luas misalnya ibu-ibu maupun repaja putri kecil dan anak-anak.
v  When
Jangka pendek : membuka rumah produksi dan memulai produksi awal. Target mampu menjual 5  jilbab setiap hari
Jangka panjang : Membuka toko dengan nama laasya.
v  How Much
1 hari = 5 x Rp35.000,- = Rp175.000,-
1 bulan = (5 x30)x R35.000,- = Rp5.250.000,-
Sehingga apabila target kami tercapai, income yang kami dapat selama satu bulan sebanyak Rp5.250.000,- dengan menjual  150 jilbab perbulan.
                                                         BAB VI
PENUTUP
6.1       Kesimpulan
Jilbab lukis ini merupakan modifikasi dari jilbab paris pada umumnya yang kami beri motif serta ornamen agar lebih terlihat menarik dan juga indah bila dipakai dan dapat menambah kepercayaan diri pemakainya karena jilbab kami ini memiliki motif yang unik dan menarik serta motif produkkami sifat nya limited edition.
6.2       Kritik dan Saran
Produk menitikberatkan kepada unsur keindahan yang terkandung di dalamnya. Sehingga membedakan jilbab lukis dengan jilbab lain yang kini telah merebak di pasaran. Oleh karena itu, keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting dalam memproduksi jilbab kami ini. Sehingga dengan berjilbab pun seseorang tetap dapat terlihat cantik, modis dan menarik sehingga tidak terkesan monoton dan jadul.Kritik dan saran yang membangun senantiasa kami tunggu demi kemajuan usaha kreasi jilbab kami dimasa mendatang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar